Contoh Soal Kemampuan Penalaran Umum UTBK-SNBT 2023 dan Jawabannya

Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Pada UTBK SNBT, materi yang diujikan adalah tes potensi skolastik (TPS), literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dan penalaran matematika. Pada materi ujian TPS, di dalamnya terdiri atas tes penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, dan kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Berikut ini contoh soal penalaran umum SNBT 2023 yang dihimpun dari beberapa sumber. Simak dan pelajari dengan baik ya.

Contoh Soal Kemampuan Penalaran Umum SNBT

  1. (1) Dengan peningkatan produksi dan perbaikan distribusi, maka pertumbuhan ekonomi yang tinggi dapat tercapai tanpa mengorbankan stabilitas harga. (2) Dengan meningkatnya kapasitas perekonomian tersebut menyebabkan tekanan terhadap inflasi akan berkurang sehingga inflasi terus menurun. (3) Inflasi yang rendah dan adanya rencana kenaikan upah berakibat pada daya beli riil masyarakat yang meningkat sehingga konsumsi swasta diperkirakan akan tetap tumbuh dari tahun ke tahun. (4) Pertumbuhan konsumsi swasta tiga tahun terakhir dapat dilihat pada tabel berikut. (5) Sementara itu, dengan daya saing yang meningkat akan berdampak pada tetap tingginya kinerja ekspor. (6) Berbagai pembenahan struktural dilaksanakan pemerintah, seperti perbaikan infrastruktur, perizinan, bea cukai, dan perpajakan diperkirakan memberikan dukungan yang cukup signifikan dalam meningkatkan daya saing produk ekspor Indonesia.

    Tabel Pertumbuhan Ekonomi dalam Tiga Tahun (2010-2012)

    (7) Meski prediksi melambatnya pertumbuhan ekonomi dunia akan berdampak kontradiktif kepada kinerja ekspor Indonesia, harga komoditas yang tetap tinggi dan negara tujuan ekspor yang lebih terdiverivikasi diperkirakan masih akan menghasilkan dampak positif bagi produk ekspor Indonesia. (8) Impor diprediksi juga tumbuh tinggi(14,5%-15,5%) sebagai akibat kuatnya permintaan domestik. (9) Kondisi diatas menyebabkan neraca transaksi akan tetapp berada dalam kondisi surolus namun dengan nilai surplus yang terus mengecil. (10) Meskipun surplus neraca transaksi berjalan semakin kecil, namun tingginya aliran masuk FDI diprediksi akan mampu membawa neraca pembayaran dalam kondisi mantap sehingga nilai potukar akan cenderung stabil. (11) pada akhirnya sinergi antara stabilitas ekonomi makro dan perbaikan sisi penawaran diprediksi akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (12) Pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan tinggi akan mampu menyerap tambahan tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran yang ada. (13) meningkatnya penyerapan tenaga kerja dibarengi dengan inflasi yang terus menerus berdampak pada pengangguran tingkat kemiskinan.

    Kalimat yang tidak efektif terdapat pada ….

    1. 1 dan 7
    2. 2 dan 8
    3. 3 dan 11
    4. 5 dan 9
    5. 6 dan 10

    Jawaban benar adalah E.

  2. Perhatikan gambar berikut!

    Tentukan Nilai Z!

    1. 120
    2. 125
    3. 129
    4. 200
    5. 225

    Jawaban benar adalah C.

  3. Jika SEPEDA ditulis VHSIHE, maka PENSIL ditulis ....

    1. SHQVLO
    2. SHQMWP
    3. SHQWMP
    4. WMPSHQ
    5. VLOSHQ

    Jawaban benar adalah C.

  4. Perhatikan pernyataan berikut!

    Jika kepala stasiun meniup peluit, kereta siap diberangkatkan. Jika ada pengumuman, kereta mengalami penundaan keberangkatan. Saat ini, kereta berada di stasiun atau tidak ada penundaan keberangkatan.

    Simpulan yang paling tepat adalah ....

    1. Masinis kereta kurang memperhatikan bunyi peluit dan tidak ada pengumuman.
    2. Kepala stasiun lupa meniup peluit dan tidak ada pengumuman.
    3. Kereta belum bisa diberangkatkan dan tidak ada penundaan keberangkatan.
    4. Kepala stasiun tidak meniup peluit tanda kereta siap diberangkatkan atau tidak ada pengumuman.
    5. Kepala stasiun tidak memberikan pengumuman bahwa kereta siap diberangkatkan.

    Jawaban benar adalah D.

  5. Perhatikan pernyataan berikut!

    Dalam perjalanan menuju sekolah, lima sekawan Slamet, Joni, Anto, Rika, dan Rahma selalu berangkat bersama. Joni selalu menjemput Slamet, setelah ia dijemput oleh Anto. Rika menjadi anak terakhir yang dijemput. Sementara rumah Rahma terletak di antara rumah Joni dan rumah Anto.

    Berikut ini pernyataan yang BENAR adalah ….

    1. rumah Rahma terletak paling jauh
    2. rumah Joni terletak paling jauh
    3. rumah Rika terletak paling jauh
    4. rumah Slamet terletak paling dekat
    5. rumah Rika terletak paling dekat

    Jawaban benar adalah E.

Itulah beberapa contoh soal penalaran umum SNBT 2023. Untuk latihan soal SNBT 2023 lengkap bisa diakses di aplikasi Siap UTBK-SNBT, gratis!

Temukan di Google Play

Comments