3 Item yang Wajib Dibawa Saat Ujian PPPK 2023

Peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan melanjutkan tahap seleksi kompetensi. Pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK ini dijadwalkan pada 10 November hingga 4 Desember 2023.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan persyaratan wajib bagi peserta ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2023 yaitu tiga dokumen penting yang harus dibawa saat pelaksanaan ujian.

Sebagai catatan, seleksi CPNS dan PPPK yang akan berlangsung akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).Peserta CPNS akan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD), sementara peserta PPPK akan menghadapi seleksi kompetensi.

Ada tiga item yang harus dibawa peserta saat mengikuti ujian CPNS dan PPPK tahun 2023, yaitu kartu ujian, kartu tanda penduduk (KTP), dan perlengkapan alat tulis.

Kartu Ujian

Kartu ujian sudah dapat dicetak di portal SSCASN mulai pekan ini. Terkait info jadwal dan lokasi tes peserta ujian seleksi semua tercantum didalam kartu ujian. Berikut langkah mencetak kartu ujian: 

  1. Kunjungi laman resmi SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id/ 
  2. Login menggunakan akun yang sudah dibuat dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kata sandi yang dibuat saat pendaftaran.  
  3. Cari menu 'Resume Pendaftaran', hingga muncul kartu peserta  
  4. Klik 'Cetak Kartu Ujian' 
  5. Buka File Kartu Ujian. Di dalam file ini akan ada informasi lengkap terkait dengan jadwal seleksi kompetensi PPPK 2023, termasuk tanggal, waktu, tempat, dan informasi penting lain.

Ada himbauan dari BKN agar para peserta seleksi juga mengecek pengumuman di laman instansi masing-masing. Hal ini karena instansi akan mengumumkan secara lengkap jadwal lokasi, sesi hari dan waktu ujian dilaksanakan. 

Untuk memudahkan pelaksanaan ujian, alangkah baiknya jika peserta ujian datang di lokasi ujian minimal dua jam sebelum jadwal sesi ujian. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa alur yang perlu diikuti di lokasi. 

Adapun terkait peraturan pakaian, BKN mengatakan umumnya para peserta mengenakan kemeja putih dan rok atau celana hitam panjang. Namun, tidak ada salahnya para peserta mengecek ketentuan dari instansi yang dilamar jika ada aturan tambahan terkait pakaian.

Demikian informasi terkait dokumen yang perlu disiapkan saat ujian seleksi kompetensi PPPK 2023. Selain kesiapan dokumen jangan lupa persiapkan belajar latihan soal-soal yang sesuai dengan formasi yang diikuti dengan mendownload Aplikasi Siap PPPK 2023! Semoga sukses dan lolos dalam seleksi tahun ini !


Comments